WEB CONTENT MODEL RETORIKA : FACEBOOK

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes
eanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.
bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia

Web sebagai media komunikasi

Facebook termasuk web content yang bermetodekan retorika. Maksud dari retorika ini adalah web menyediakan media komunikasi antara pembuat content dengan pendengar, yang kemudian content tersebut dapat mempengaruhi emotional dari sang pembaca. Baik dari segi hiburan, persuasif, maupun informasi.
Menurut metode retorika Aristoteles dengan menggunakan segitiga retoris , kita dapat menganalisis suatu web content dengan efektif.
Segitiga retoris terdiri dari  tiga komponen :                                 

1. Penulis : orang yang menghasilkan teks.
Gambar 1
Gambar 1 menunjukan orang/organisasi yang membuat suatu content/teks.
 
2. Pemirsa : orang yang menerima teks.
Gambar 2 menunjukan siapa saja yang menerima content/text tersebut.

Gambar 2
 
3. teks : pesan yang disampaikan dari penulis untuk penonton.
Gambar 3
 Gambar 3 menunjukan teks yang disampaikan dari penulis content ke penonton.




Komentar

Postingan Populer