Teknologi Game & Artificial Intellegence Game
TEKNOLOGI GAME
Game diambil dari bahasa Inggris yang diterjemahkan yang
artinya permainan. Di dalam era perkembanganera perkembangan teknologi yang
pesat ini, seperti halnya permainan kartu, catur dan lain-lainnya dapat ditemui
melalui dunia virtual atau yang biasa kita mainkan di dalam komputer. Dengan
perkembangan teknologi sekarang ini munculah berbagai sarana permainan, misalnya
Playstation 3, Xbox 360, Nintendo wii,PSP, Nintendo DS, maupun PC dari yang
berbasis individu ataupun multiplayer.
Pengertian game komputer menurut beberapa ahli :
−Menurut Chris Crawford, seorang computer game designer
mengemukakan bahwa game, pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang
berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan anda.
−Menurut David Parlett, Game adalah sesuatu yang memiliki “akhir
dan cara mencapainya” : artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan
untuk mencapai keduanya.
-Menurut Greg Costikyan, game adalah “sebentuk karya seni di
mana peserta, yang disebut Pemain,membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya
yang dimilikinya melalui benda di dalam gamedemi mencapai tujuan”.
UNITY 3D
unity merupakan game engine yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Software ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 dan menjadi salah satu dari sekian banyak game engine yang dipakai oleh banyak pengembang game profesional di dunia. Unity merupakan alat bantu pengembangan game dengan kemampuan rendering yang terintegrasi di dalamnya. Dengan menggunakan kecanggihan fitur-fiturnya dan juga kecepatan kerja yang tinggi, Unity dapat menciptakan sebuah program interaktif tidak hanya dalam 2 dimensi, tetapi juga dalam bentuk 3 dimensi.
Unity tidak hanya di desain untuk membuat game di Personal Computer (PC) atau laptop saja, tetapi juga untuk platform yang berbeda seperti android, ios webplayer, pc, mac & linux standalone, xbox 360, ps3, dan juga wii. Oleh karena itu, Unity sering disebut sebagai game engine yang multiplatform karena bisa digunakan untuk membuat game di berbagai macam platform.
DESAIN SKENARIO & SCRIPT
Skenario adalah urutan-urutan kejadian yang teroganisir yang terkonsep dibuat sebagai landasan/pacuan dalam pembuatan suatu alur kejadian. biasanya skenario digunkan dalam film, animasi dan game. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game. Konsep dari skenario seharusnya berguna untuk memberikan gambaran garis besar tentang cerita, prinsip-prinsip mekanisme game, dan titik berat untuk gameplay. Karena itu konsep mencakup prinsip-prinsip dasar, gaya game, kerangka peraturan, sinopsis cerita (kalau ada cerita), karakteristik game, contoh misi, atau situasi-situasi dalam game.
Teknik
Penulisan skenario
1. Inti Cerita
Tahap awal dalam penulisan skenario adalah menetukan inti
cerita yang akan dikembangkan menjadi sebuah skenario. Dalam inti cerita ini
kita sudah mempunyai gambaran singkat tentang plot, karakter utama, maupun
setting dari cerita. Inti cerita ini bisa berasal dari ide/inspirasi yang kita
temukan baik dalam imajinasi atau fenomena keseharian kita. Banyak juga penulis
skenario yang mengadaptasi novel, cerpen, atau puisi untuk dikembangkan menjadi
skenario.
2. Sinopsis
Sinopsis adalah ringkasan cerita yang ditulis lengkap dengan
memuat semua unsur penting cerita berupa garis besar jalan cerita yang akan
kemudian dikembangkan menjadi sebuah skenario. Pada umumnya Sinopsis ditulis
semenarik mungkin dengan maksud menggoda pembacanya untuk membaca skenario dari
sinopsis tersebut. Panjang sinopsis biasanya dari setengah sampai dua halaman.
3. Karakter
Karakter atau tokoh adalah merupakan salah satu unsur
terpenting dalam skenario sama halnya dalam cerpen maupun novel. Akan tetapi
dalam skenario, karakter harus lebih dikembangkan secara lebih rinci. Hal ini
juga berhubungan dengan kebutuhan aktor atau aktris yang akan memerankan
karakter tersebut. Perincian karakter dalam skenario biasanya meliputi nama
peran, jenis kelamin, usia, ciri-ciri fisik, sifat/prilakunya, pendidikan,
kebiasaan, hubungan dengan karakter yang lain, dan sebagainya.
4. Plot
Alur cerita yang didesain atau di rekayasa untuk mencapai
tujuan tertentu.Maka itu,satu topik yang sama bisa dibuat beberapa plot,sesuai
sudut pandang yang di ambil dantujuan yang ingin di capai
5. Outline
Outline adalah susunan urutan adegan per adegan secara lebih
rinci. Jadi bisa dikatakan bahwa outline adalah penjabaran dari plot.
6. Scene
Satuan penuturan dalam scenario.Satu scene adalah kejadian
yang berlangsung dalam satu tempat dan waktu ter tentu.
7. Action
Action atau aksi
adalah keterangan mengenai kejadian dalam
setiap scene atau adegan yang
merupakan penjabaran dari Outline yang
sudah dibuat sebelumnya.
Script sebenarnya hanya istilah yang menyatakan kode yang bisa
diakses. Dulu, script awalnya digunakan sejak tahun 1970. Biasanya
istilah ini digunakan pada sistem operasi berbasis Unix. Dengan adanya
script di unix, banyak perintah yang dapat diakses dalam satu waktu.
Nah, saat ini script dapat dikaitkan juga dalam dunia web. Hal ini
disebabkan bahasa scripting sudah meningkat fleksibilitas dan
kehandalannya sehingga dapat diakses oleh server maupun oleh pengguna.
Keuntungan scripting berbasis client / pengguna adalah eksekusi di
client, sehingga dapat memeberikan efek instan di halaman web. Contohnya
untuk mencek pengisian textbox yang harus diisi oleh pengguna.
Sehingga, admin web dapat menghindari adanya kesalahan pengisian data
karena data tersebut belum dikirim ke server dan masih berada di sisi
client.
Disamping kelebihan diatas, Script di client memiliki kelemahan. Seperti kode dan data bisa dilihat oleh user karena scripting ini berupa plain text atau text langsung. Selain script yang berada di sisi client, terdapat script yang berbasis pada server. Keuntungannya yaitu bisa menjaga kerahasiaan; Proses yang dipanggil atau kodenya berada di komputer server, sehingga tidak gampang untuk diintip maupun dianalisis. Selain itu, bisa juga proses yang harus dilakukan lebih memakan resource, sehingga sulit dijalankan di komputer client.
Saat ini dan seterusnya, dunia internet selalu memperbaiki dan berbenah. Script mulai distandarisasi dan teknik menjalankan script selalu diperbaiki agar lebih baik lagi. Saat ini, baik script ataupun kode HTML sudah distandarisasi menggunakan para digma XML dalam bentuk XHTML agar mempermudah browser dari berbagai platform dalam mengakses suatu website.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia. Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan buatannya. Artificial intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi permainan dari game sebagai suatu node, dan merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana representasi suatu pohon (tree).
Namun, biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi sebuah game tree.
Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan representasi berbeda.
Minimax yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.
Beberapa karakteristik dan batasan game untuk game playing :
Dimainkan oleh 2 ( dua ) pemain: manusia dan komputer. Para pemain saling bergantian melangkah.
- Perfect Information Game
Kedua pemain sama-sama memiliki akses pada informasi yang lengkap tentang keadaan permainan, sehingga tidak ada informasi yang tertutup bagi lawan mainnya. - No Determined by Chances
Tidak melibatkan faktor probabilitas, misalnya dengan menggunakan dadu. - No Phsychological Factors
Tidak melibatkan faktor psikologi, seperti “gertakan” (misalnya Poker) - No Oversight Errors. Smart Opponen
Lawan diasumsikan pintar juga, jadi jangan mengharap lawan khilaf, sehingga terjadi salah langkah.
Daftar Pustaka :- Seekers . 2017. Pengantar Teknologi Game. Tersedia: https://www.scribd.com/document/253844681/Pengertian-Teknologi-Game .[Di akses 18 Maret 2019].
- Pranata, B.A., Andre Kurniawan Pamoedji, dan Ridwan Sanjaya.2015.Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity 3D. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.
- Rangga Hamdan. 2017. Artificial Intellegence pada Game. Tersedia : https://www.ranggahamdan.com/2017/04/18/artificial-intelligence-pada-game/. [ Di akses 19 Maret 2019].
- BagusAS. 2016. Pengertian Script dalam Dunia Web dan Jenisnya. Tersedia : http://dunia-komputer.com/pengertian-script-dalam-dunia-web-dan-jenisnya/ . [ Di akses 19 Maret 2019].
- Karmilasari. 2017 . Tahapan Pembuatan Animasi. Tersedia: http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/51863/Tahapan+Pembuatan+animasi.pdf [Di akses 19 Maret 2019].
Komentar
Posting Komentar