PEMBUATAN GAME PUZZLE DENGAN STRAWBERRY PROLOG

Hallo semua,
Pada kali ini saya akan membahas topik baru yaitu topik pembuatan game puzzle dengan menggunakan bahasa pemrograman strawberry prolog.kamu bisa mendownload terlebih dahulu gamenya dibawah disini > Strawberry Prolog. jika sudah terdownload maka langsung saja dilihat tutorial nya. 

1.Siapkan assets / gambar,icon, dan suara yang ingin dimasukkan kedalam game kedalam suatu folder.
  
2.  Setelah assets sudah disiapkan, sekarang masuk ke dalam sintaks program untuk memasukkan assets yang sudah kita buat

3.  Lalu kita buat button dan posisinya yang akan ada di layar awal atau main menu dengan sintaks berikut :

4.  Setelah itu mengatur tombol playnya, dimana jika button playnya di klik maka akan masuk ke progress bar lalu akan masuk kedalam game. lalu sintaks pos digambar artinya adalah mengatur posisi dan banyaknya emas yang akan ditampilkan nanti.

5.  Jika Button play sudah dikonfigurasi, maka konfigurasi button selanjutnya seperti button cara bermain, credit, exit. seperti gambar dibawah :


6.  Ada button khusus yaitu pengaturan, yang fungsinya untuk mengatur siapa yang jalan dahulu AI atau user dengan menggunakan sintaks berikut :

7.  Lalu kembali lagi ke tampilan utama game, berikut merupakan sintaks untuk mengatur posisi klik dari game, posisi dan banyaknya emas pada game yang ditandai dengan sintaks pos :

8.  Jika sudah maka tidak lupa untuk menambahkan sintaks AInya,untuk sintaks AI ini merupakan sintaks yang sudah disediakan oleh strawberry prolog untuk game puzzle ini :


9.  Nah yang terakhir untuk memunculkan tampilan menang dan tampilan kalahnya :


Jika masih kurang paham, kamu bisa melihat tutorial dan demo nya dibawah ini semoga bermanfaat:

Komentar

Postingan Populer