Perusahaan Cloud Computing & Sasaran-nya

INSTAGRAM
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan aktivitas berjejaring lainnya.

Nama Instagram berasal dari Kata ‘Instan’ dan ‘telegram’. Kata ‘instan’ yang mendasari penamaan ‘insta’ dimaksudkan seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan".

Dengan makna ini Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan kata telegram merujuk pada sebuah alat yang bekerja mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Hal ini sama dengan fungsi Instagram yang dapat mengunggah foto dengan koneksi Internet (Cloud Computing), sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat.
Instagram adalah jejaring sosial yang lahir dari sebuah perusahaan bernama Burbn, Inc. yang berdiri pada 6 Oktober 2010. Perusahaan ini didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger yang saat ini menjadi CEO dari Instagram.

Kedua CEO tersebut memutuskan untuk lebih memfokuskan Burbn pada aplikasi yang memungkinkan penggunanya unruk berbagi foto dan video, berkomentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto.aplikasi inilah yang merupakan cikal bakal dari Instagram. Awalnya aplikasi ini hanya dapat dinikmati oleh pengguan IPhone.

IMGUR (IMGUR LLC)

Imgur adalah sebuah layanan hos gambar online yang didirikan oleh Alan Schaaf di Athens, Ohio, Amerika Serikat. Imgur menggambarkan dirinya sebagai "rumah untuk gambar paling populer di web, diurus secara waktu nyata oleh komunitas yang mendedikasikan dirinya melalui komentar, pemilihan,dan berbagi.

Imgur menyediakan hos gambar gratis kepada jutaan pengguna dalam sehari, dan merupakan komunitas sosial bebrbasis komentar. Perusahaan tersebut membiayai dirinya sendiri melalui keuntungan yang didapat dari penjualan iklan, akun Pro, hos komersial dan merchandise. Pada tanggal 22 Oktober 2012, Imgur merilis sebuah galeri dari pengajuan-pengguna, dimana pengguna mengajukan gambar langsung menuju galeri Imgur untuk dilihat publik, komentar, dan pemilihan. Fitur ini membuat perusahaan Imgur menjadi salah satu perusahan cloud computing dimana pengguna dapat meng-unggah gambar-gambar mereka ke galery situs imgur.
Pada tanggal 26 Juni 2013, Imgur merilis alat kreasi penciptaan konten pertamanya, the Imgur Meme Generator, yang menawarkan kreasi gambar makro simpel begitu juga dengan galeri penuh templat meme.

Maskot resmi Imgur adalah Imgurrafe, yang dibuat sebagai lelucon Hari April Mop, tetapi "terlalu lucu untuk dibuang" maka akhirnya dijadikan maskot resmi.


FITUR / LAYANAN  INSTAGRAM :
Fitur yang paling utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk berbagi foto dan video kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin diunggah dapat diperoleh melalui galeri album foto maupun langsung dari fitur kamera bawaan aplikasi Instagram.
pengguna dapat memberikan caption dan filter pada foto-fotonya. Selain itu pengguna juga dapat melakukan tag atau menandai pengguna lain yang terlibat dalam foto tersebut.
Yang menarik dari Instagram adalah pengguna dapat mengedit foto yang ingin diunggah dengan efek atau filter yang telah tersedia di Instagram. Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya. Namun saat ini Instagram telah memiliki lebih dari 15 filter.

Instagram Story : Pada bulan Agustus 2016, Instagram meluncurkan Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video, menambahkan efek dan layer dan kemudian menambahkannya ke kilas cerita Instagram mereka.
Konten yang diunggah ke Instagram story akan hilang setelah 24 jam. Media mencatat kesamaan fitur ini dengan Snapchat. Fitur ini semakin berkembang dengan ditambahkannya kemampuan membagi lokasi, stiker, dan efek dari foto dan video yang di unggah ke Instagram Story.

IG TV : IG TV pada Instagram adalah fitur video vertikal yang diluncurkan oleh Instagram pada Juni 2018. Fungsionalitas dasar juga tersedia dalam aplikasi dan situs web Instagram. IGTV memungkinkan unggahan berdurasi hingga 10 menit dengan ukuran file hingga 650 MB.
Bagi pengguna yang diverifikasi dan populer diizinkan untuk mengunggah video berdurasi hingga 60 menit dengan ukuran file hingga 5,4 GB. Fitur ini secara otomatis mulai memutar video segera setelah diluncurkan.

FITUR / LAYANAN IMGUR :
Meme Generator :Sejak tanggal 26 Juni 2013, Imgur telah menyediakan layanan "Meme Generator" yang memberikan pengguna untuk membuat gambar makro dengan teks kustom menggunakan varietas gambar yang luas

Galeri : Galeri publik Imgur adalah koleksi gambar paling viral dari web berdasarkan algoritma yang komputer lihat, bagikan, dan pilih dalam waktu nyata. Sebagai lawan untuk unggahan akun privasi, gambar yang diunggah ke galeri dapat dicari berdasarkan judul secara publik.Sebutan bagi anggota dari Komunitas Imgur, "Imgurians" dapat memilih dan berkomentar pada gambar, mendapatkan poin reputasi dan trofi.  Gambar dari galeri sering kali akan dikirim ke situs berita sosial seperti Huffington Post. Mode acak dirilis pada tanggal 30 Juli 2012, dan memperkenankan pengguna untuk menjelajah galeri penuh dengan acak.





SASARAN & PANGSA SASARAN
Sasaran dari perusahaan Instagram adalah menjadikan Platform yang dapat mengkonversi konten bermuatan jualan menjadi terlihat lebih ringan di mata, sehingga audiens tidak segan untuk menekan tombol hati di bawah konten Anda.
Pangsa sasaranya adalah mereka para konsumen yang memanfaatkan fitur instagram ini. Sedangkan pada perusahaan Imgur sasarannya adalah menjadikan sebuah platform yang dapat meng-unggah foto atau membuat meme secara virtual . Dengan pangsa sasaranya adalah para konsumen dengan memanfaatkan fitur berbayarnya perusahaan tersebut.


Daftar Pustaka :
https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya
https://dailysocial.id/post/sasaran-empuk-bagi-bisnis-startup-di-instagram
https://kumparan.com/kumparantech/situs-imgur-pernah-diretas-tahun-2014-1-7-juta-data-pengguna-bocor
https://id.wikipedia.org/wiki/Imgur#Statistik_data_per_bulan_Mei_2014

Komentar

Postingan Populer