BAHAYA SINAR BIRU




  • Seberapa lamakah kita menghabiskan waktu kita didepan smartphone/computer/TV ?
  • Pernah-kah mata kita merasakan lelah atau bahkan sakit saat terlalu lama menatap atau memainkan Smartphone/computer/TV ?
Jika kamu pernah merasakan hal-hal tersebut, kamu harus tahu apa itu blue light. Mungkin beberapa dari kita sudah pernah mendengar tentang blue light. Kali ini saya akan membahas tentang apa itu blue light, Dampak negatif yang disebabkan oleh blue light, dan cara pencegahan untuk menghadapi blue light.

1. Apa Itu Blue Light ?
Pada Umumnya blue light adalah suatu sinar ultraviolet/ sinar LED (light emitting-diodies) yang dipancarkan dari media elektronik seperti: smartphone, TV, Laptop/PC,dll.Bahkan sinar ultraviolet dari sinar matahari juga berbahaya untuk mata kita. Pernahkan kamu merasakan menatap langsung matahari ? jika pernah pasti mata kita tidak mampu melihat cahaya tersebut dengan jangka waktu paling lama 5 detik. Begitu juga dengan cahaya yang dipancarkan dari Smartphone atau gadget lainnya namun user tidak langsung merasakan akibatnya, melainkan secara perlahan.

2. Dampak Negatif Dari Blue Light ?
  • Kerusakan Retina 
Paparan langsung sinar biru dapat menyebabkan kerusakan retina. American Macular Degeneration Foundation memperingatkan bahwa kerusakan retina yang disebabkan sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral--kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan Anda

  • Menimbulkan Katarak
Tidak tertutup kemungkinan adanya hubungan antara katarak dan sinar biru, meskipun penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih diperlukan. GigaOM mengutip pernyataan seorang dokter mata yang menyebutkan dia mulai melihat orang-orang berusia 35 tahun memiliki mata berawan dengan katarak seperti orang-orang berusia 75 tahun.

Meskipun satu pernyataan ini tidak bisa begitu saja membuktikan bahwa paparan sinar biru menyebabkan katarak, dokter tersebut hanya menyampaikan ada hubungan di antara keduanya. Hal ini tidak dihitung sebagai bukti konkret dan masih sedang diselidiki. Meski sejumlah penelitian ternyata belum menyimpulkan apa pun, tidak ada salahnya untuk berhati-hati.


  • Merusak Siklus Tidur Alami
Sinar biru mengganggu produksi melatonin--hormon yang membantu mengatur siklus tidur. Otak seseorang mulai memproduksi melatonin ketika ia siap tidur dan sinar biru dari smartphone mengganggu proses produksi tersebut.

Itulah sebabnya mengapa smartphone merusak siklus tidur alami. Apa dampaknya? Banyak! Siklus tidur yang terganggu menyebabkan gangguan kesehatan mulai dari obesitas hingga gangguan genetik dan masalah memori lainnya.


  • Resiko Kanker Lebih Tinggi
Selain membantu kita tidur, melatonin juga berfungsi sebagai antioksidan. Sementara penelitian lebih lanjut masih diperlukan, para peneliti menemukan dampak buruk lainnya dari sinar biru.

Orang yang produksi melatonin alaminya ditekan, misalnya karena paparan sinar biru, berisiko lebih tinggi untuk mengidap berbagai kanker, terutama kanker payudara dan prostat, meskipun hubungan sebab-akibat secara langsung belum ditemukan. 


3. Cara Mengatasinya 
  • Di PC/MAC gunakan aplikasi yang bernamakan f.lux

Sinar biru yang berbahaya harus difilter dengan f.lux.
f.lux adalah aplikasi blue light filter terbaik untuk PC atau Mac kamu. f.lux nantinya akan memfilter bahaya sinar biru dengan menimbulkan warna kekuningan pada layar komputer atau laptop di sore sampai pagi hari.f.lux mampu melakukan ini secara otomatis. Di waktu yang telah ditentukan sesuai jamnya. Ketika siang hari, maka f.lux akan dinonaktifkan. Ketika malam hari tiba, ia akan kembali menyala dan memfilter bahaya sinar biru

  • Di Smartphone
Smartphone juga memancarkan sinar biru. Bahaya akan semakin besar ketika kamu menggunakan smartphone di malam hari, apalagi di ruangan gelap.
Di Android, kamu bisa menggunakan twilight, aplikasi filter sinar biru yang tersedia di google play. Untuk Iphone atau Ipad, kamu bisa mengaktifkan fitur Night Shift pada IOS 9.3
Atau, kamu juga bisa menggunakan Lux untuk mengurangi bahaya sinar biru tanpa menimbulkan efek kekuningan pada layar. Lux mampu mengurangi kecerahan layar smartphone Android dibawah standar kecerahan layar.
Dengan begini, kamu bisa tidur lebih awal dengan nyenyak tanpa terganggu oleh bahaya sinar biru.

  • Tanpa filter dapat dilakukan juga
Sejumlah aplikasi atau sistem operasi memiliki fitur yang disebut dark theme, dark mode, mode gelap, atau semacamnya – yang berfungsi mengubah tampilan menjadi gelap ketika menggunakannya di ruangan gelap atau malam hari.
Windows 10 punya mode gelap. Android Nougat punya Night Mode. iOS punya fitur Night Shift. Sejumlah aplikasi juga memiliki dark mode atau tema gelap sendiri.
Ketika tema gelap aktif, maka setidaknya bahaya sinar biru tak akan terlalu terasa. Terlebih tema gelap memang didesain khusus untuk digunakan pada malam hari atau ruangan gelap. Bukan hanya bahaya yang bisa dikurangi, melainkan pula menghemat daya baterai.
Kamu bisa mengaktifkan tema gelap di perangkat atau aplikasi apa pun. Meski sebagian aplikasi atau sistem operasi tak mendukung tema gelap, setidaknya sejumlah aplikasi penting seperti aplikasi pembaca PDF mendukung tema gelap, sehingga kamu tak lagi kesilauan atau susah tidur akibat bahaya sinar biru.

Sebenarnya, banyak sekali cara-cara untuk menghadapi blue light pada gadget atau barang elektronik lainnya. Cara tersebut bisa berada dalam diri kita sendiri yaitu untuk mengurangi penggunaan smartphone dan bisa juga dengan cara mengetahui cara-cara apa saja yang dapat meminimalisir bahaya dari sinar biru tersebut.





Komentar

Postingan Populer