SEJARAH & PENGERTIAN WEB

Sejarah Web
Tahun 1993, Tim Berners-Lee dan peneliti lain di Eruropean Particle Physics Lab (Consei Europeen pour la Recherche Nuclaire, atau CERN) di Geneva, Swis, mengembangkan suatu cara untuk men-share data antarkoleganya mang-gunakan sesuatu yang disebut dengan hypertext. pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar komputer dengan menggunakan software browser baru.

Kode-kode khusus disisipkan kedalam dokumen elektronik ini, memungkinkan pemakai untuk meloncat dari satu dokumen ke dokumen lainnya pada layar dengan hanya memilih sebuah hyperlink. 

Kemampuan internet dimasukkan ke dalam browser ini sehingga loncat dari satu dokumen ke dokumen lain, tidak lagi dari satu komputer saja, tetapi dapat meloncat ke dokumen lain yang letaknya pada komputer remote.

Seorang peneliti dapat juga mengirimkan sebuah file dari komputer remote ke sistem lokalnya, atau log in ke dalam suatu sistem remote hanya dengan mengklik hyperlink, tidak perlu melalui mekanisme FTP atau Telnet. Jalan pintas CERN digunakan sebagai dasar dari yang disebut sekarang dengan World Wide Web dan berikut server webnya (sekarang dimaintenance oleh World Wide Web Consortium).

Pengertian Web
World Wide Web, yang lebih populer disingkat dengan WWW merupakan satu buah ruang informasirmasi yang digunakan oleh pengenal global yang dinamakan dengan URL (Uniform Resource Locator) untuk mengenal pasti sumber daya berguna.

WWW tidak jarang dianggap sama dengan Internet dengan cara total, meski sebenarnya WWW sendiri hanyalah bagian daripada Internet.

WWW merupakan kumpulan situs server dari seluruh dunia yang memiliki kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk bisa digunakan bersama. WWW adalah sektor yang paling menarik dari Internet.

Melalui web, Anda bisa terhubung informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks namun dapat juga berupa gambar, suara, video dan animasi. 


Kegunaan ini tergolong masih baru di bandingkan surat elektronik atau email, sebenarnya WWW adalah kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya menyebar di lima benua termasuk juga Indonesia yang mengakses menjadi satu melalui jaringan Internet.

Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).


Buah halaman dokumen informasirmasi bisa terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman melalui teks ini dinamakan pranala.

Dokumen informasimasi ini selain terdiri dari teks tapi bisa juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video.

Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa dinamakan hipermedia. Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW yaitu sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks.

Dengan mengeklik pranala (hyperlink), sehingga para pengguna dapat berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.




Source :
- http://www.pintarkomputer.org/2015/10/pengertian-web-sejarah-web-dan-cara-kerja-web.html
-  Sidik, Bertha dan Husni Iskandar Pohan.2009.pemrograman web dengan html.Bandung: Informatika Bandung.

Komentar

Postingan Populer