PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN KOMPUTASI MODERN


KOMPUTASI MODERN
Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dari inputan data dengan menggunakan algoritma. Teknologi komputasi adalah aktivitas penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak komputer. Ia merupakan bagian spesifik komputer dari teknologi informasi.
Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

JENIS-JENIS KOMPUTASI MODERN
   1.     Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.

   2.     Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
·       Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
·       Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
·       Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

   3.     Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.


Perbedaan antara komputasi mobile, grid, dan cloud :
·       Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
·       Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
·       Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
·       Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
Berikut contoh website yang menggunakan system komputasi modern dibidang Ekonomi :
    1.     POMONA
Pomona merupakan omni-channel platform yang memungkinkan untuk mendapatkan Cashback kapanpun pengguna upload struk belanja kebutuhan sehari-hari, baik di Supermarket ataupun di Minimarket yang ada di dekat tempat tinggal pengguna.

Aplikasi ini bekerja dengan cara masuk melalui email atau nomor handphone pengguna. Kemudian  foto struk belanja kebutuhan sehari-hari dari minimarket atau supermarket pilihan yang nantinya akan diverifikasi terhadap struk yang baru saja di unggah dalam 1x24 jam (maksimal 3x24 jam). Ketika struk telah disetujui, maka akan mendapatkan Cashback sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan. Pengguna  bisa mencairkan Cashback yang di dapatkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan minimum nilai Rp11.000 (sudah termasuk biaya admin Rp 1.000,00).

Aplikasi ini bermanfaat bagi pengguna untuk lebih berhemat ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari sesuai dengan cara upload struk belanja kebutuhan sehari-hari dan cashback tambahan apabila pengguna belanja produk spesial di Pomona. pengguna dapat mendapatkan uang kembali dari setiap transaksi pembelanjaan yang telah dilakukan lakukan setiap harinya, yang mana nilai ini bisa di kirimkan ke rekening bank pribadi, pulsa handphone atau Go-Pay.

Aplikasi ini termasuk jenis cloud computing , karena membutuhkan suatu media penyimpanan untuk menyimpan data-data yang masuk dari pengguna.
Tampilan Halaman Utama
Gambar diatas merupakan tampilan halaman awal Pomona, dimana pada halaman utama terdapat panduan mendapatkan cashback produk-produk yang mendapatkan cashback saat pembelian, dan promosi-promosi lainnya yang berlaku di Pomona.

Tampilan halaman login / daftar
Gambar diatas merupakan halaman masuk dan daftar akun Pomona. Jika belum mempunyai akun, pengguna dapat membuat akun dengan cara memasukkan akun google ataupun facebook. Jika pengguna sudah mempunyai akun , maka dapat masuk dengan menggunakan nomor hp yang telah terdaftar.
Untuk mendapatkan cashback pada produk tertentu, pengguna harus masuk kedalam akun pengguna, kemudian memfoto struk belanja pengguna. Jika di setujui, maka cashback akan masuk ke dalam akun pengguna.

Tampilan halaman promosi
Halaman ini merupakan halaman promo yang berlangsung di Pomona. Berisikan daftar promo-promo yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk mendapatkan cashback yang lebih besar ataupun hadiah lainya.
    2.     SNAPCART
Snapcart merupakan aplikasi seluler yang memberikan cashback pembeli dengan cara memfoto struk belanja mereka sementara admin mengumpulkan sejumlah besar data pembelian, menganalisis dan menawarkan ke mereka secara real time.

Aplikasi ini sama dengan aplikasi Pomona pada pembahasan sebelumnya. Dimana cara kerjanya adalah pengguna memfoto struk belanjanya, kemudian pihak Pomona memberikan cashback kepada pengguna.

Tampilan halaman awal
Pada halaman ini berisikan mengenai perusahaan snapcart. Mulai dari informasi snapcart, perusahaan atau brand yang bekerja sama

Tampilan menu our bussiness
Pada halaman our business  berisikan prestasi yang telah digapai oleh perusahaan snapcart, kemudian pada halaman ini terdapat cara pihak perusahaan mendapatkan dan memproses data dari pengguna.


Kemudian masih dihalaman yang sama, terdapat data struk yang telah diproses dan berapa toko yang telah bergabung didalam system Pomona. Kemudian terdapat keuntungan pemrosesan data struknya.

Tampilan menu solutions
Kemudian didalam menu solutions dijelaskan solusi-solusi yang pengguna tanyakan dalam pemrosesan data snapcart

Tampilan menu company

Didalam menu company , terdapat informasi mengenai perusahaan mulai dari pemilik perusahaan, lowongan pekerjaan, kontak perusahaan, dan hasil press yang telah
dilakukan.

Tampilan menu insight hub

Dalam menu insight hub, berisikan mengenai pusat wawasan yang menjelaskan tentang internet, mobilitas internet, data, dan informasi-informasi lain yang akan di perbaruhui menurut berita terkini.

Tampilan menu request demo

Yang terakhir adalah menu request demo. Dikarenakan snapcart merupakan aplikasi yang digunakan di basis smartphone, maka jika pada halaman website pengguna hanya dapat melihat tentang pembelian, toko-toko yang terhubung dengan snapcart, dan performa perusahaan. Jika ingin melihat informasi tersebut, maka pengguna diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

Aplikasi ini termasuk jenis cloud computing , karena membutuhkan suatu media penyimpanan untuk menyimpan data-data yang masuk dari pengguna.

Daftar Pustaka :

https://mamz.weebly.com/komputasi-modern.html
https://web.pomona.id/
https://snapcart.global/

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

NAMA            : RIO TUA PANDAPOTAN
KELAS           : 4IA18
NPM               : 56416455

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Komentar

Postingan Populer