APA ITU BISNIS , TIK ? SERTA SALAH SATU PROFIL PERUSAHAAN DIBIDANG TIK
Pengertian Bisnis
Bisnis
adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang
melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran
barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Kata
“bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya
kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah
melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada
seseorang.[3]
Jenis-Jenis Bisnis
1.
Bisnis berdasarkan jenis kegiatannya
Bisnis
bisa digolongkan menjadi beberapa macam yaitu:
a.
Bisnis Ekstraktif
Kegiatan
bisnis yang bergerak dalam bidang pertambangan dengan menggali bahan-bahan
tambang yang terkandung di dalam perut bumi.
Misalnya:
batu bara, emas, besi, intan, alumunium, tembaga, semen, bisnis minyak dan gas
bumi.
b.
Bisnis Agraris
Kegiatan
bisnis yang bergerak di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan
kehutanan.
c.
Bisnis Industri
Kegiatan
bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing, misalkan industri
pesawat terbang, rokok, garmen, tekstil, kapan, mebel, kertas, dan sebagainya.
d.
Bisnis Jasa
Kegiatan
bisnis yang bergerak di bidang jasa yang menghasilkan produk-produk tidak
terwujud seperti jasa asuransi, pendidikan, pariwisata, kesehatan, perbankan,
kecantikan, dan sebagainya.
2.
Jenis bisnis berdasarkan kegunaan
a.
Kegunaan bentuk (form utility)
Bisnis
yang berusaha merubah suatu benda menjadi benda lain dengan bentuk yang berbeda
sehingga lebih bisa bermanfaat bagi manusia. Misalnya bisnis meubel, gentng,
roti, garment.’
b.
Kegunaan tempat (place utility)
Bisnis
yang memindahkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain yang lebih bermanfaat,
bergerak di bidang transportasi, baik itu angkutan manusia, angkutan barang,
darat, laut, dan udara.
c.
Kegunaan waktu (time utility)
Bisnis
yang menjalankan usaha penyimpanan dengan tujuan agar barang dari suatu waktu
apabila kurang bermanfaat maka disimpan terlebih dahulu, kemudian disaat lain
akan dikeluarkan bila barang itu sudah lebih bermanfaat. Misalnya: Bulog,
pergudangan di pelabuhan-pelabuhan.
d.
Kegunaan pemilikan (posssession utily)
Bisnis
yang menjalankan usahanya untuk menciptakan/memenuhi kegunaan pemilikan
terhadap suatu barang/jasa. Contohnya: pertokoan, perdagangan.[5]
Tujuan & Manfaat Bisnis
Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk
mendapatkan laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh
masyarakat. Adapun beberapa tujuan bisnis adalah sebagai berikut:
- Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
- Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
- Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
- Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
- Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
- Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
- Untuk menunjukkan prestise dan prestasi.[3]
1.
Bebas Mengatur Waktu
Berhubung
kita sendiri yang memiliki bisnis tersebut, maka secara otomatis jam kerja kita
sendiri yang mengaturnya. Biasanya ini menjadi salah satu pertimbangan utama
seseorang dalam memulai bisnis, karena kebebasan waktu.
Waktu
jam kerja menjadi lebih fleksibel, apalagi jika lebih ingin bersantai. Seiring
besarnya bisnis yang dijalani, kamu juga mulai bisa merekrut pegawai untuk
membantu bisnis.
2.
Menjadi Bos
Seperti
kata Bob Sadino “sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bosnya“.
Dengan berbisnis, kamu akan menjadi pemimpin dan penentu keputusan dalam bisnis
yang dijalani. Besar kecilnya bisnis kamu tergantung dengan kemampuan kamu
menjadi pemimpin.
3.
Mendapat Pengakuan/Penghargaan
Apabila
bisnis sudah berhasil dan terus tumbuh dan berkembang sekaligus dalam waktu
yang sama memberikan dampak yang baik kepada masyarakat, maka masyarakat akan
memberikan pengakuan yang positif untuk kamu dan bisnis yang dipegang.
4.
Menggaji diri sendiri
Jumlah
besar kecilnya pemasukan, kita sendiri yang menentukan sesuai dengan usaha yang
telah dilakukan. Tidak seperti bekerja di kantoran yang mungkin akan selalu
mendapat nominal yang sama setiap bulannya.
5.
Masa depan yang lebih baik
Semakin
gigih dan semangat dalam menjalankan bisnis, memberikan peluang yang besar
untuk memiliki masa depan yang lebih baik alias lebih cerah[5]
Definisi TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi)
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) terdiri dari dua aspek yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan proses, manipulasi serta penggunaan sebagai alat bantu pengelolaan informasi. Contoh penggunaannya adalah seperti internet, radio dan lain – lain. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan proses dalam menunjang pengiriman atau penyaluran data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Contoh penggunaannya adalah dalam pesawat telepon, handphone dan masih banyak lagi
Manfaat TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi)
1.
Media untuk bertukar informasi
Dengan
adanya TIK setiap orang dapat lebih mudah mengakses informasi bahkan dalam
genggaman dengan menggunakan fasilitas internet dalam handphone maupun
komputer. Para pengguna internet juga dapat saling bertukar informasi dan
semakin memperdalam ilmu pengetahuannya masing – masing dimanapun dan kapan
pun.
2.
Sarana komunikasi
Sebagai
makhluk sosial manusia pastinya memerlukan interaksi atau komunikasi satu sama
lainnya. Sebelumnya untuk menjalin interaksi kita masih menggunakan media surat
dan menggunakan jasa tukang pos namun saat ini dapat diatasi dengan pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi seperti menggunakan email, telepon atau
bahkan dengan media sosial yang saat ini menjadi tren tersendiri.
3.
Mempermudah pembelajaran
Jika
pada zaman dulu media pembelajaran hanya berupa buku dan surat kabar dengan
jangkauan terbatas namun saat ini sudah ada internet yang memberi kebebasan
bagi para pengguna belajar segala hal. Berbagai macam situs sudah tersedia dan
akan terus bertambah sebagai sarana saling bertukar ilmu pengetahuan. Terdapat
pula fasilitas E-Book dan video yang berisi pembelajaran tertentu.
4.
Hemat biaya
Mengingat
peran pentingnya di masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi juga akan memberi dampak positif dari segi biaya yang dikeluarkan.
Contohnya bagi anda yang ingin menjual sesuatu tidak perlu membangun kios
ataupun toko karena dengan memanfaatkan internet anda dapat membuat marketplace
secara online dengan hanya modal data internet saja.
5.
Meningkatkan produktivitas suatu pekerjaan
Teknologi
informasi dan komunikasi hampir selalu dipakai di segala bidang bahkan termasuk
untuk menunjang berlangsungnya suatu pekerjaan atau bahkan meningkatkan
produktivitas. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi
tentunya menghadirkan produk – produk baru seperti chatting atau bahkan
komputer yang saling terhubung dalam suatu jaringan.[2]
Perkembangan Bisnis TIK
Sejak
dekade 1970-an, teknologi informasi di Indonesia berkembang secara bertahap.
Pada perkembangannya dibentuk Departemen Komunikasi dan Informatika
(Depkominfo), yang kemudian membantu membuat perkembangan teknologi informasi
di Indonesia menjadi lebih terarah. Media-media teknologi informasi seperti
surat kabar, radio, dan lain sebagainya telah ada pada jaman penjajahan dan
terus berkembang.
A.
Perkembangan Televisi
Salah
satu televisi nasional, yaitu Televisi Republik Indonesia (TVRI) diresmikan
pada 24 Agustus 1962. Televisi ini merupakan satu-satunya stasiun televisi
pemerintah. Pada perkembangannya saluran televisi semakin banyak, baik stasiun
televisi lokal ataupun nasional swasta. Bahkan saat ini pun banyak berkembang
saluran televisi digital dan berlangganan yang lebih kuat dan banyak fiturnya
bila dibandingkan dengan saluran televisi pada biasanya.
B.
Peluncuran berbagai Satelit
Indonesia
juga berhasil meluncurkan sebuah Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD).
Peluncuran SKSD tersebut dimulai pada tahun 1975 dan selesai 1976 dengan
satelit pertama yang bernama satelit PALAPA A1 dari Kennedy Space Center,
Amerika Serikat. Setelah peluncuran satelit tersebut, diluncurkan berbagai
satelit yang lain seperti PALAPA A-2 (1977), PALAPA B-1 (1983), PALAPA B-2
(1984), PALAPA B-2P (1987), PALAPA B-2R (1990), PALAPA B-4 (1992), PALAPA C-1
(1996), PALAPA C-2 (1996), Indostar/Cakrawarta I (1997), Satelit TELKOM 1
(1999), GARUDA 1 (2000), TELKOM 2 (2005), INASAT-1 (2006), LAPAN-TUBSAT (2007),
Indostar/Cakrawarta II (2009), dan PALAPA D (2009).
C.
Perkembangan Komputer dan Jaringan Interne
Berdasarkan
catatan Fakultas Ilmu Komputer UI, teknologi komputer mulai diperkenalkan di
Indonesia dalam kurun antara tahun waktu 1970-an. Universitas Indonesia
merupakan salah satu perguruan tinggi pertama yang menjadi tempat pengenalan
komputer di Indonesia. Saat itu, semua komunitas akademis perguruan tinggi dan
industri Indonesia mendapatkan berbagai macam pengenalan tentang teknologi
komputer dari Universitas Indonesia. Berikut ini adalah ringkasan sejarah
perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia
1.
Tahun 1972-1986
PUSILKOM
UI melakukan kegiatan operasional komputasi di kampus UI. Berhasil mengirimkan
dua orang staf PUSILKOM ke Amerika Serikat dalam rangka studi tentang ilmu
komputer. Selanjutnya, pada tahun 1986 ditambah lagi pengiriman menjadi empat
orang.
2.
Tahun 1984
Beberapa
jaringan komputer di Indonesia mulai terhubung ke internet melalui jaringan
yang bernama UI-net. Jaringan tersebut berjalan diatas protokol UUC, meskipun
pada umumnya jaringan komputer berjalan di atas prootokol TCP/IP. Domain “.id”
sudah mulai dikenal pada tahun ini.
3.
Tahun 1986-1988
Pada
tahun berikutnya, mulailah terbentuk jaringan berskala besar yang menghubungkan
kampus besar yang ada di Indonesia. Beberapa kampus yang terhubung antara lain
mulai UI, ITB, UGM, ITS, UNHAS, UT dan Dirjen Pendidikan Tinggi. Jaringan besar
pertama ini disebut dengan UNINET. Server jaringan ini diletakkan di ITB, UI,
UGM, dan ITS. Sementara itu pada tahun ini mulai dibuka jurusan S1 dan S2 Ilmu
Komputer di UI. Setelah itu, pada tahun 1988, ada klub radio amatir yang muncul
di ITB.
4.
Tahun 1988 dan 1989
Pada
tahun ini, Universitas Indonesia dipilih menjadi gateway internet pertama di
Indonesia, dan sekaligus dipilih sebagai koordinator pendaftaran domain .id
pada jaringan internet berbasis protokol UCC.
5.
Tahun 1993
Pada
tahun 1993 Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) UI diresmikan oleh Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun ini pula Indonesia secara resmi terhubung
dengan jaringan internet global menggunakan protokol TCP/IP dan domain “.id”
sebagai simbol negara. Situs IPTEKNET adalah situs pertama yang terhubung
dengan internet.
6.
Tahun 1994
Setelah
hanya dicoba dan dimanfaatkan di lingkungan kampus, pada tahun ini mulai muncul
penyedia layanan internet umum di Indonesia yang bernama Indonet dengan
situsnya www.indo.net.id.
7.
Tahun 1997
Pada
tahun ini kualitas layanan internet berjenis dial-up mengalami kenaikan
kecepatan dari yang tadinya hanya 33,6 Kbps menjadi 56Kbps. Sejak tahun ini
banyak perkembangan pada dunia komputer dan internet. Setelah tahun ini semakin
banyak penyedia layanan internet beserta variasi program atau layanan internet
yang beragam hingga saat ini untuk mendapatkan internet dengan kecepatan
standar 10Mb/s pun bisa sangat terjangkau.[4]
Perushaaan Bisnis yang Bergerak dibidang TIK
PT Tennova Cipta Inatech(POMONA)
Dunia
e-commerce tengah tumbuh dengan seksi di Indonesia dan banyak membantu para
pebisnis offline meningkatkan penjualan produknya. Tapi di sisi lain,
e-commerce juga memberi dampak signifikan terhadap turunnya arus kunjungan
pelanggan di toko-toko offline. Permasalahan ini yang sekarang coba
diselesaikan oleh Pomona, aplikasi mobile dengan konsep point reward.
Pomona
adalah aplikasi mobile yang memberikan penggunanya kesempatan untuk menangkap
hadiah nyata seperti pulsa, voucher, bahkan gawai secara gratis dengan
mengumpulkan poin dari toko-toko offline yang dikunjungi. Sederhananya Pomona
merupakan aplikasi online yang mencoba membawa trafik untuk offline (konsep
O2O).
Pomona
mulai dikerjakan oleh Benz dan rekannya Ariawan Suwendi (CTO) pada Desember
2015 dan resmi diluncurkan pada Mei 2016 lalu. Benz sendiri sebelumnya telah
membuat aplikasi Gesek, sedangkan Ariawan memiliki pengalaman 10 tahun bekerja
di Sillicon Valley. Sid Nandy yang memiliki pengalaman karir di Rocket Internet
juga disebutkan Benz akan segera bergabung sebagai CMO.
Dibentuknya
pomona adalah ketika beberapa bulan lalu pihaknya menyadari bahwa lebih
mudah membuat orang membeli ketika mereka ada di toko dibandingkan dengan saat
mereka melihat iklan di tempat lain. Tingkat konversinya pun disebut Benz cukup
tinggi, mencapai 20-95 persen saat seseorang berada di toko fisik dibandingkan
saat melihat iklan online yang hanya mencapai 0,5-3 persen.[7]
Ruang Lingkup :
Sebagai
satu dari sekian banyak startup yang termasuk ke dalam kategori adtech, Pomona
merupakan pionir dan satu satunya startup yang berfokus pada ranah sales
conversion.
Advertising
Technology atau yang umum disebut sebagai adtech sendiri merupakan kategori
dalam dunia startup yang melakukan digitalisasi dalam industri advertising atau
periklanan.[9]
Pomona
mengklaim saat ini sudah bekerja sama dengan lebih dari 200 toko offline
yang berada di Jakarta. Pun operasionalnya masih terbatas di Jakarta, tetapi
Benz juga menyebutkan bahwa kota-kota lain sudah ada dalam pipeline
mereka.
Melalui 200 toko offline rekanan Pomona inilah pengguna bisa mengumpulkan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah. Caranya sederhana, auto check-in saat berkunjung ke toko rekanan, QR code check-in di toko rekanan tanpa perlu bertransaksi, dan saat melakukan pembelian. Untuk proses verifikasi pengguna yang benar-benar membeli promo, staf dari toko akan memasukkan kode sandi atau promo untuk verifikasi transaksi yang terjadi.[7]
Konsumen
bisa mendapatkan keuntungan berupa cashback mulai dari 20 persen dari harga
produk dan juga dapat diakumulasi dengan promosi lain yang sedang berlangsung,
hanya dengan mengunggah struk pembelian dari produk – produk di atas, yang
dibeli di berbagai retail yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti
Indomaret, Alfamart, Giant, Hypermart, Hero, Lawson, Lottemart, Circle K,
Guardian, Watson, Century, dan lain-lain. Antusias masyarakat terhadap Pomona
pun terus meningkat, tercatat hingga kini lebih dari 200,000 orang telah menggunakan
Pomona. [9]
Teknologi yang Dipakai :
Pomona
menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR) dan Machine Learning
serta mengimplementasikan Sales Call-to-Action tool pada platform omni-channel
Pomona sebagai solusi yang lebih efektif dan efisien untuk mengatasi
permasalahan tersebut.
Teknologi OCR sendiri merupakan teknologi yang mengautomatisasi proses pembacaan struk menjadi lebih cepat, sedangkan machine learning dapat membantu menganalisa dan memverifikasi keakuratan dari data tersebut. "Kedua teknologi ini adalah teknologi yang diimplementasikan dalam platform omni-channel Pomona. Omni-channel sendiri merupakan konsep yang diusung Pomona yang menitikberatkan pada pengalaman konsumen dalam berbelanja menggunakan beragam saluran yang terintegrasi dan dapat memberikan kemudahan serta pengalaman bagi konsumen kapan dan di manapun.[9]
Jumlah Omset yang didapat :
Platform
solusi pemasaran dan penjualan omnichannel Pomona menghimpun senilai US$3 juta
dalam putaran pendanaan Seri A-2 yang dipimpin oleh Vynn Capital dengan
dukungan Ventech China dan Amand Ventures. Stellar Kapital dan Central Capital
Ventura juga ambil bagian dalam putaran tersebut. [8]
Cara Pakai :
Team
Pomona akan melakukan verifikasi struk dalam waktu 1 sampai 3 hari. Apabila
struk disetujui maka cashback akan masuk ke saldo dan dapat dicairkan ke
rekening atau pulsa. Untuk mencairkan cashback anda harus mencapai nilai
minimal Rp. 10.900 (termasuk biaya admin Rp. 900). Anda dapat berbelanja
beberapa produk dalam satu struk dengan memastikan minimal satu produk
terdaftar di aplikasi Pomona.
Cara
Menggunakan Pomona :
1. Siapkan struk belanja anda, pastiikan
sudah memenuhi syarat upload
2. Silahkan buka aplikasi Pomona pada
smartphone anda, pastikan anda sudah melakukan pendaftaran akun
3. Pada menu utama silahkan tap Icon
Kamera yang berada pada tengah bawah untuk membuka kamera. Ta gambar apda
bagian tengah bawah kamera izinkan aplikasi
4. Ijinkan aplikasi Pomona untuk
membuka kamera dan mengakses penyimpanan anda. Ambil foto struk dan sesuai
dengan syarat upload nya
5. Jika kurang jelas anda dapat
mengambil gambar ulang, apabila dirasa sudah jelas maka lakukan upload struk
6. Akan muncul notifkasi bahwa struk
anda berhasil diupload kemudian kembali ke halaman utama aplikasi
7. Struk yang sudah diupload akan
diverifikasi oleh pihak Pomona, anda dapat melihatnya pada menu rtiwayat
8. Jika struk berhasil di verifiikasi
maka saldo akan masuk ke akun Pomona anda[6]
Daftar Pustaka :
[1] Ahmad. 2019. BISNIS : Definisi, Jenis-Jenis, Manfaat, Tujuan, Fungsi https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-bisnis.html. (20 Oktober 2019)
[2]Hermawan. 2019. Pengertian TIK Beserta Manfaat dan Sejarah Perkembangan TIK. https://www.nesabamedia.com/pengertian-tik/. (20 Oktober 2019)
[3] https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-bisnis.html. (20 Oktober 2019)
[4] https://pakarkomunikasi.com/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia. (20 Oktober 2019)
[5]https://www.yuksinau.id/bisnis-definisi-jenis-manfaat-tujuan-fungsi/#Jenis_Jenis_Bisnis. (20 Oktober 2019)
[6] https://www.myjourney.id/cara-menggunakan-pomona/. (20 Oktober 2019)
[7] https://dailysocial.id/post/aplikasi-point-rewards-pomona-dan-pendekatan-o2o-untuk-offline-retailer (20 Oktober 2019)
[8] https://www.wartaekonomi.co.id/read237793/platform-marketing-pomona-terima-suntikan-dana-mau-buat.html (20 Oktober 2019)
[9] https://www.merdeka.com/teknologi/pomona-startup-adtech-pertama-di-indonesia-yang-fokus-sales-conversion-industri-fmcg.html (20 Oktober 2019)
Komentar
Posting Komentar