APLIKASI ATAU SOFTWARE YANG DIGUNAKAN DI ERA DIGITAL CINEMA

Halo semua, kembali lagi di blog saya.Setelah membahas tentang effect-efect yang ada di digital cinema, format-format yang ada di digital cinema,selanjutnya saya akan membahas tentang aplikasi/software apa saja sih yang digunakan untuk pengeditan suatu film ? aplikasi apa aja sih yang digunakan untuk memberikan effect tersebut ? . Karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sering muncul di pikiran kita pada saat menonton suatu film yang bagus, berikut saya akan memberikan informasinya. 

1. Adobe After Effects  
Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam-macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan obyek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
Adobe After Effects memiliki fitur-fitur penting, misalnya Adobe After Effects memiliki alat untuk membuat Shape (seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash (cara menganimasikannya juga hampir sama). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain. 
Namun disetiap aplikasi pastilah mempunyai kelebihan dan kekurangan, Adobe After Effects ini memiliki kekurangan , yaitu membutuhkan kesabaran untuk memahami dan menguasai dengan baik aplikasi ini, dan juga dibutuhkan ketelitian yang kuat untuk menggunakan fitur yang ada.

2. Adobe Premiere Pro
Software ini digunakan untuk membuat beberapa film terkenal dan acara TV. Software editing film ini termasuk ke dalam jenis software yang mampu membuat film profesional.
Dan jenis software ini dikembangkan oleh Adobe Systems. Oleh karena itu, software ini mudah digunakan oleh Adobe yang lain untuk pembuatan film platform saat mengedit film dan untuk mengekspor produk akhir untuk software Abode lainnya. Versi pertama dari software Abode Premiere ini dirilis pada tahun 1991, dan versi terbarunya dari sang pembuat film keluar pada bulan Juni 2015 untuk mendukung sejumlah besar format file yang ada dan memungkinkan editor video untuk menggunakan efek visual dari sebelumnya, termasuk tampilan Color Workspace yang baru, Morph Cut, dll.

3. Avid Media Composer
Jenis software ini bisa dikatakan sebagai software pembuat film yang paling umum di industri film dan TV. Software ini pertama k
ali dirilis pada tahun 1989, editor non linier ini memungkinkan terjadinya integrasi hardware antara perusahaan lain dalam alur kerjanya. Software dalam versi kotak ini berisi perangkat lunak dari pihak ketiga seperti perangkat lunak kompresi Sorenson Squeeze dan penciptaan musik di software Fine Pro 5.

4. Sony Vegas Pro
Software ini dioperasikan pada Microsoft Windows, pembuat film Sony, memungkinkan melakukan editing audio terbatas dab track video, serta editing 3D stereoscopic dan editing multi-kamera. Software ini juga mendukung berbagai format file dan juga menawarkan jasa Titler Pro, yang memungkinkan para pengguna untuk menambahkan efek khusus dan animasi untuk gelar mereka. Software versi barunya adalah Vegas Pro 13, diklaim memiliki alur kerja yang lebih cepat dari sebelumnya. 

5. Final Cut Pro
Software editing film ini pertama kali dirilis pada tahun 1999, pembuat film dari Apple menempatkan software ini pada sebuah Media Composer populer. Final Cut Pro memungkinkan untuk melakukan pengeditan dalam format Quick Time kompatibel dan dapat diintegrasikan dengan produk Apple lainnya. Final Cut Pro juga menawarkan filter dan transisi video yang banyak yang dapat mendukung pekerjaan dengan beberapa video dan audio trek yang memungkinkan mengkombinasi video lebih dari satu kamera.  

6. Windows Movie Maker
Pembuat film Microsoft ini menawarkan layanan pengeditan dasar untuk para pengguna Windows dengan keuntungan bahwa software ini bisa di download secara gratis. Meskipun software ini bukan softw

are pembuat film profesional, namun software ini memungkinkan untuk para pembuat film amatir dengan mudah untuk melakukan edit rekaman, menambahkan transisi dan soundtrack, dan sekali video yang sedang dilakukan – bisa diperoleh secara online di Facebook atau YouTube 


Nah, dari berbagai aplikasi editing tersebut, kira-kira aplikasi mana nih yang pengen kamu perdalamin ? hehe. leave a comment ya dan jangan lupa sertakan link ini jika artikel ini telah dikutip.  

Komentar

Postingan Populer