SEJARAH SINGKAT,KARAKTERISTIK,MACAM DAN FITUR PADA JAVA



SEJARAH JAVA

Pada tahun 1991, sekelompok insinyur SUN yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat consumer seperti cable TV box. Karena perangkat itu tidak mempunyai banyak memori, bahasa tersebut harus berukuran kecil dan menghasilkan kode yang liar,maka bahasa harus bebas dari arsitektur manapun. proyek ini diberi nama kode green. Produk pertama proyek green adalah *7, sebuah kendali jarak jauh yang sangat cerdas. Pada tahun 1995, Netscape memutuskan membuat browser yang dilengkapi dengan java. Setelah itu diikuti IBM, SYNTEC, INSPIRE, bahkan MICROSOFT. Bahasa java merupakan karya SUN MICROSYSTEM INC. rilis resmi pada november 1995. Nama java sendiri terinspirasi pada saat orang-orang diproyek green sedang menikmati secangkir kopi disebuah kedai kopi yang kemudian dengan tidak sengaja salah satu dari mereka menyebutkan kata java yang mengandung arti asal biji kopi. maskot java sendiri adalah Duke.

KARAKTERISTIK JAVA
  1. Sederhana (sintaks mirip bahasa c++/c sehingga mudah dipahami)
  2. Berorientasi Objek
  3. Dapat didistribusi dengan mudah
  4. Interpreter
  5. Robust
  6. Aman
  7. Architecture Natural : Program cukup mempunyai satu versi yang dapat dijalankan diberbagai platform
  8. Portable : dapat dengan mudah dibawa keplatform berbeda tanpa harus dokompilasi ulang
  9. Performance : performance java dapat ditingkatkan dengan kompilasi java lain
 MACAM-MACAM JAVA 
  1. Java Platform MicroEdition/ Java ME (berbasis small device(Handphone) : salah satu platform java yang dirancang untuk aplikasi mobile dan sistem tertanam. java ini digunakan untuk merancang perangkat lunak handphone dan PDA
  2. Java EnterpriseEdition / Java EE(aplikasi enterprise/web) : standar untuk mengembangkan aplikasi skala besar/enterprise digunakan untuk pemrograman di sisi server.
  3. Java PlatformStandar Edition /J2SE : sebagai platform untuk pemrograman dalam bahasa java. platform ini digunakan untuk mendeploy sebuah aplikasi (berbasis dekstop).
 FITUR PADA JAVA
  1. Java Virtual Machine (JVM) : sebuah mesin imajiner(maya) yang bekerja dengan menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata ayng menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode java terjadi
  2. Garbage Collection : Berarti program tidak perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak digunakan lagi dan mengurangi beban pengolaan memori oleh programmer.
  3. Code Security : terimplementasi pada java melalui penggunaan Java Runtime Environtment (JRE) dan menggunakan 3 lapis mode pengamanan untuk melindungi sistem dari Unstrusted java code.

Komentar

Postingan Populer