FUNGSI KELUARGA

FUNGSI KELUARGA

      1.      FUNGSI BIOLOGIS
Fungsi keluarga dalam hal biologis yang dimaksud adalah untuk meneruskan keturunan, memelihara dan membesarkan anak,memberikan makanan bagi keluarga dan memenuhi kebutuhan gizi, merawat dan melindungi kesehatan para anggotanya, memberi kesempatan untuk brekreasi. Artinya dalam sebuah keluarga , haruslah mempunyai suatu keturunan, agar jumlah populasi mahkluk hidup di dunia tidak punah,lalu setelah mempunyai keturunan, tugas orang tua pun merawat dan mendidik anaknya , agar anaknya dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan baik bagi masa depan. Sebuah keluarga juga tidak boleh mengekang anak untuk melakukan suatu hal, agar sang-anak mendapatkan hal yang baru yang belum pernah ia temukan. Peran orang tua disini juga sangat dibutuhkan, agar orang tua dapat menyaring hal-hal apa saja yang boleh diketahui oleh sang anak demi menjaga pemikiran anak yang tidak baik. Dalam sebuah keluarga, orang tua juga harus berperan melindungi anaknya dari segala ancaman yang datang menghampirinya.

      2.      FUNGSI PSIKOLOGIS
Fungsi keluarga dalam hal psikologis itu lebih kedalam kepribadian atau sifat dari anggota keluarganya. Didalam keluarga , para anggota keluarga harus saling membagikan rasa kasih sayang kepada sesama anggota keluarga , agar anaknya nanti dapat menyontoh perbuatan yang ada didalam lingkungan keluarganya kepada orang lain. Karena lingkungan keluarga juga sebagai role model dari kepribadian anak untuk kedepannya. Selain itu , fungsi psikologis dalam keluarga juga berfungsi untuk mengadakan hubungan keluarga dengan keluarga lain atau masyarakat agar para anggota keluarga tidak hanya mengenal isi dari anggota keluarganya itu saja , melainkan anggota keluarga lain atau masyarakat disekitar, hal ini juga menambahkan kepribadian social anggota keluarga guna untuk melatih public speaking dan menambah wawasan disekitar.

      3.      FUNGSI SOSIAL BUDAYA ATAU SOSIOLOGI
Fungsi social budaya atau sosiologi dalam keluarga juga penting, karena social budaya atau sosiologi ini berfungsi untuk meneruskan nilai-nilai budaya yang dimana ada suatu aturan yang tidak boleh dilakukkan oleh seorang anak didalam budayanya, dan pembentukan norma-norma dan tingkah laku pada anggota keluarga. Selain berguna untuk meneruskan keturunan agar tidak punah , keluarga juga berfungsi untuk meneruskan nilai-nilai budaya yang ada. Indonesia terkenal dengan kaya akan budayanya, sehingga dimasing-masing daerah terkenal dengan budayanya masing-masing. Begitupun dalam keluarga, yang terdiri dari beraneka ragam budaya, sehingga tugas dari suatu keluarga adalah mengajarkan keturunannya akan pentingnya nilai-nilai budaya yang harus dipertahankan, agar budayanya tidak punah. Dalam keluarga juga harus diajarkan aturan-aturan dan tingkah laku yang boleh maupun tidak boleh dilakukkan, demi terciptanya kerpibadian anggota keluarga yang baik.

      4.      FUNGSI PENDIDIKAN
Fungsi pendidikan ini sebagai persiapan seorang anak untuk kehidupan dewasa, dan penanaman keterampilan,tingkah laku dan pengetahuan dalam hubungan dengan fungsi-fungsi lain. Artinya fungsi ini harus ada dalam keluarga agar orang tua dapat mendidik anaknya dengan benar sesuai dengan ajaran yang benar pula. Pendidikan tidak hanya datang dari keluarga saja, namun pendidikan juga didapat dari sekolah juga. Jika dalam keluarga , pendidikan yang didapat berupa sifat-sifat, aturan-aturan maupun kepribadian suatu anak. Jika didalam sekolah , pendidikan yang didapat adalah pendidikan berupa wawasan nusantara, wawasan akan hal-hal yang berguna dimasa depan , bahkan sosialisasi juga didapatkan dari lingkungan sekolah. Namun kembali lagi kepada keluarga yang harus mengajarkan seorang anak untuk memilih mana yang baik untuk diikuti dan mana yang jahat untuk tidak diikuti.


Daftar pustaka :

http://www.kajianpustaka.com/2012/11/definisi-fungsi-dan-bentuk-keluarga.html

Komentar

Postingan Populer