PERGURUAN TINGGI DAN PENDIDIKAN

            A.    PENDIDIKAN

Seperti yang sudah kita ketahui , pendidikan sangatlah penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, agar manusia memiliki wawasan akan dunia. Menurut J.J Rousseau pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak , akan tetapi kita membuatuhkannya pada waktu dewasa. Ternyata pendidikan juga diatur dalam peraturan Indonesia yaitu UU NO 2 Tahun 1989 yang mengatakan, pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbinga, pengajar, dan latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang,
Pada umumnya pendidikan hanya memiliki empat pilar penting yang dikeluarkan oleh UNESCO , yaitu learning to know, learning to do , learning to be , dan learning to live together yang artinya belajar untuk mengetahui , melakukan, menjadi dan belajar untuk hidup bersama. Hal ini haruslah ditanamkan dan dipahami dalam pemikiran seseorang, agar seseorang mempunyai tujuan hidup yang jelas dengan tidak menyimpang kepada hal-hal negatif yang berada dilingkungan sekitarnya. Pendidikan digunakan agar seseorang dapat berguna/dipakai didunia kerja dimasa yang akan datang. Karena pada umumnya manusia juga memerlukaan pekerjaan dimasa depan nanti, agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehinnga hidupnya dapat berjalan dengan baik. Kita sebagai manusia pun tidak hanya harus menerima pendidikan saja, namun juga aktif untuk membagikan pendidikan kepada orang yang belum mengenal pendidikan, agar pendidikan dapat tertanam didalam pemikiran setiap manusia.

            B.     PERGURUAN TINGGI

Perguruan tinggi adalah suatu pendidikan penyelanggara pendidikan tinggi. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa , sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen. Menurut jenisnya, perguruan tinggi dibagi menjadi dua, yaitu perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pihak swasta.
Pada umumnya perguruan tinggi berperan sebagai media seseorang untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi guna menghadapi persiapan dunia kerja yang akan dihadapi dimasa yang akan datang. Pergururuan tinggipun sedang mengalami perubahan yang sangat cepat, secara global perubahan terlihat dalam berkembangnya system teknologi. Dalam hal ini membuat masyarakat atau pelajar harus dapat menguasai pengetahuan akan teknologi guna modal dasar bagi upaya pengembangan diri dan organisasi dalam situasi yang makin kompetitif.
Perguruan tinggi harus memampukkan menjadi pelapor dalam pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang terintegrasi dengan memenuhi :
            1.      Kebutuhan warga masyarakat yang berorientasi ideal atas pendidikan, melalui pencipataan                   lingkungan yang kondusif bagi tumbuhnya spirit akademik yang dinamis, serta menjadi                       wahana sosialisasi nilai-nilai,norma dan sikap mandiri
            2.      Kebutuhan masyarakat yang berorientasi pragmatis melalui kesiapan mendidik manusia yang 
                  dapat diserap oleh dunia usaha sesuai spesifiknya masing-masing.




Hubungan pendidikan dengan perguruan tinggi adalah sangat penting, karena pendidikan tinggi berguna untuk mengembangkan pendidikan seseorang yang telah didapat di tempat pendidikan sebelumnya yaitu TK,SD,SMP,SMA menjadi pendidikan wawasan yang lebih luas. Perguruan tinggi juga memberikan wawasan akan dunia kerja yang akan dihadapi oleh setiap manusia. Ada juga orang yang  tidak mengikuti perguruan tinggi, namun ia dapat bekerja. Namun tingkatannya pasti lebih baik apabila seseorang mengikuti perguruan tinggi. Yang mendapatkan pendidikan/wawasan yang lebih spesifik akan dunia kerja yang akan ditekuni oleh seseorang. 

Daftar Pustaka : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Perguruan_tinggi
https://uharsputra.wordpress.com/pendidikan/pend-tinggi/pendidikan-dan-peran-perguruan-tinggi/

Komentar

Postingan Populer