GAME DEVELOPMENT : 5 SOFTWARE PEMBUAT GAME

bicara soal game, pasti kalian ingin membuat game kalian sendiri bukan ? dengan menggunakan imajinasi-imajinasi yang terlintas di pikiran kita. Nah tema kali ini cocok sekali untuk kamu yang penasaran dengan aplikasi yang dipakai untuk membuat game, berikut adalah 5 software aplikasi pembuat game dari berbagai jenis software lainnya :

1. Game Maker 8.1 or Studio
Game maker 8 atau studio adalah software pembuat game yang hampir paling mudah dengan integritas Drag and Drop object . tentu saja software ini dapat membuat game dengan dnd tanpa butuh pemrograman, software ini juga di lengkapi dengan sprite editor, path, object game, dan tentu saja Room .

Game maker di built-in dengan game maker languague. yang dapat membantu anda dengan script. dan dengan software ini anda juga bisa membuat game android, ios, html 5 bahkan export ke ps2 ataupun ps3 . tapi itu yang versi studio . jadi jika ingin memulai membuat game ini adalah pilihan yang bagus untuk pemula. Dan mba/mas bro dapat mendesain game dengan grafis, suara, efek yang di mau kita sendiri atau menggunakan yang tersedia dalam editor Game Maker. Program ini dapat membuat semua jenis genre, baik game platform, puzzle, aksi maupun 3D.
 
Spesifikasi :
- Prosesor intel pentium 4 atau AMD 
- Sistem Operasi minimal: Windows 2000, XP, Vista, 7 
- DirectX 8 atau yang terbaru
- VGA card dengan memori minimal 32 MB
- Resolusi layar 800x600 dengan 16 bit warna 
- RAM 128 MB 
 
source :http://ilhamadjiputrap.blogspot.co.id/2013/06/laporan-software-aplikasi-di-windows.html
 
2. RPG MAKER VX

RPG maker adalah software pembuat game RPG atau juga role playing game. dengan software engine ini anda dapat membuat game dengan waktu yang lebih singkat. software ini juga lebih memfokuskan kepada jalan cerita, maps, item, dan hero-hero nya. Bagi yang belum pro dalam mengusai komputer mungkin akan kesulitan saat menginstal software ini, tapi bagaimanapun software ini akan membuat anda puas akan fasilitas nya.
Bagi yang ingin membuat game RPG ini adalah pilihan Terbaik.
 
Spesifikasi :
  • CPU: Intel Pentium 4 or AMD Athlon XP
  • CPU SPEED: 2.0 GHz
  • RAM: 512 MB
  • OS: Windows XP
  • VIDEO CARD: 1024 x 768 resolution
  • SOUND CARD: Yes
  • FREE DISK SPACE: 400 MB 
Source File : https://www.systemrequirementslab.com/cyri/requirements/rpg-maker-vx-ace/12260
3. Game Salad
 
Game Salad juga merupakan software pembuat game termudah dan juga bisa membuat game pc, android, bahkan ios. software ini memiliki interface yang bisa Drag n Drop. Visual yang unik, dan dapat membuat game dengan mudah. tentu saja mempunya library yang besar. Untuk versi gratis anda bisa mempublikasikan game ini ke web ataupun ios, dan untuk versi pro memungkinkan anda untuk menghasilkan uang di playstore. versi pro juga akan membuat anda puas akan interface nya. Jika mas/mba bro ingin membuat game Android ataupun IOS Ini adalah pilihan tepat.
 
4. Unity
UNITY adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Jika anda belum memakai unity, maka bersiaplah untuk mencobanya, karena game developer ini sangat mudah menggunakannya,selain bisa untuk build game PC, UNITY juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, & android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Selain itu juga bisa juga buat web, cuma butuh install Unity webplayer nya ajah. Unity lebih kurang sama dengan Blender game engine cuma unity lebih ringan dan diintegrasi lebih didalam suasana grafik

Kelebihan unity yaitu multiple platform, maksudnya banyak platform yang diisupport oleh unity, misal Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.

 
Spesifikasi :
OS: Windows 7 SP1+, 8, 10, 64-bit versions only; Mac OS X 10.9+.
Windows XP & Vista are not supported; and server versions of Windows & OS X are not tested. CPU: SSE2 instruction set support.
GPU: Graphics card with DX9 (shader model 3.0) or DX11 with feature level 9.3 capabilities.

Source : https://unity3d.com/unity/system-requirements

5.Adventure Maker Studio
Adventure Maker adalah software untuk membuat game bertema adventure yang banyak memakai metode point-and-click dalam bermain. Karena tidak menggunakan proses coding yang rumit, tidak heran jika hasil kreasi dari aplikasi ini terbilang sederhana. Beberapa obyek telah disertakan sehingga mas/mba bro tinggal menempatkannya sesuai keinginan. Ingin membuat obyek sendiri? Disediakan pula aplikasi penyunting gambar. mas/mba bro juga bisa menambahkan suara ataupun musik sebagai latar menggunakan file yang sudah ada atau menciptakan konten sendiri memakai Music Composer Editor.

Aplikasi ini tidak hanya bisa dipakai untuk membuat game berbasis Windows, loh. Platform lainnya juga didukung, seperti PSP, iPod touch, dan iPhone. Dan selain membuat game, Adventure Maker dapat pula kamu manfaatkan untuk membuat presentasi, tutorial interaktif, virtual tour, hingga aplikasi berbasis edukasi interaktif.
  
 

 
  
 

Komentar

Postingan Populer