GAME THEORY : THE SIMS 2

Welcome back, kali ini saya akan membahas tentang game the sims 2, dimana game ini adalah adaptasi dari the sims 1, tentunya pada the sims 2 ini mengalami pengupgrade-an kualitas game dari segi grafis, suara, animasi, dll. Untuk selengkapnya, langsung aja yuk masuk ke pembahasan.


The sims2 merupakan game simulasi yang terkenal di kalangan gamers terutama pc games. Game ini di publikasikan oleh perusahaan game ternama Electronic Arts dan dikembangkan oleh Maxis. Dalam the sims 2, pemainnya dapat membangun rumah impian mereka dengan arsitektur, dekorasi, furniture yang mereka inginkan. Mulai dari lantai, dinding, pagar, cat rumah, perapian, kolam renang, taman, kaca, pintu, jendela, tangga, garasi, kolom-kolom (tiang penopang rumah). Semuanya didesain oleh si pemain dengan bebas melalui tools yang sudah tersedia di dalam game ini. Selain mendesain bangunan rumah, The sims 2 juga dilengkapi dengan furniture-furniture yang tak hanya berfungsi sebagai penghias rumah, namun juga sebagai alat untuk mendukung game ini. Setiap benda yang akan ditempatkan di dalam rumah harus diseleksi sedemikian rupa mulai dari bentuk keindahannya hingga apakah benda tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi Sim yang dimainkan. Setiap benda memiliki poin masing-masing. Sebagai contoh, Tempat tidur. Tempat tidur memiliki poin Rest dan comfort. Semakin besar nilai kenyamanan dan nilai istirahat yang dimiliki tempat tidur tersebut, semakin berwarna hijau pula bar yang mengartikan kesenangan Sim yang dimainkan. Namun semakin tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam benda tersebut, semakin mahal juga harga benda tersebut. Karena itu setiap Sim yang bermain ‚Äòdisarankan‚Äô untuk bekerja demi menghasilkan uang untuk membeli barang-barang yang akan terus membuat si Sims merasa senang. Karir/pekerjaan yang ingin dipilih pun bervariasi. Mulai dari militer, hiburan, olahraga hingga menjadikan penjahat kriminal sebagai pekerjaan. Setiap karir yang ingin dijalankan juga harus ditunjang dengan skill dan relasi yang dibuat oleh Sim tersebut. Semakin banyak teman, semakin memuluskan langkah dalam berkarir. Sama halnya dengan manusia biasa, Sim yang dimainkan juga dapat menikah, memiliki anak, cucu, cicit dan seterusnya hingga Sim yang dimainkan mati dan setiap Sim yg dmainkan memiliki apa yg disebut Aspiration Rewards,Lifetime Wants, Wants dan Fears. Aspiration Rewards merupakan ‘hadiah’ bagi Sim yg dpt memenuhi Wants dr Sim tsb. Hadiah2 ini tdk dpt dbeli dgn Simoleon (mata uang dlm dunia Sim). Sedangkan Lifetime Wants dpt diartikan sebagai keinginan terbesar Sim tersebut.

Para Simmers (sebutan bagi orang yang memainkan The Sims), dapat menciptakan Sim yang mereka inginkan, semua bagian tubuh Sim dapat diatur sesuai keinginan. Bagi para simmers, trik agar tidak bosan memainkan The Sims 2 adalah dengan memasukkan custom content atau disingkat CC. Custom content adalah barang-barang yang tidak dibuat oleh Maxis dalam The Sims 2. Custom content ini jumlahnya sudah tak dapat lagi dihitung barang-barangnya. Para simmers dapat men-download Custom content ini dari berbagai situs-situs yang telah dibuat oleh simmer lainnya. Custom content ini sendiri terdiri dari berbagai macam benda, mulai dari pakaian, make up, skin, genetic, sim, furniture, rumah, mall, dan lain-lain. Semua barang yang ada di dunia manusia dapat dibuat dan kemudian di download untuk dijadikan bagian dari permainan. Selain Custom content, agar tidak bosan simmers juga menggunakan Cheats. Cheats yang digunakan pun berbagai macamnya. Cheats untuk menambah uang (motherlode, familyfunds), untuk memindahkan barang yang paten/tadinya tidak dapat dipindahkan (moveobjects on) hingga Cheats yang paling sakti yaitu BoolProp (BoolProp TestingCheatsEnabled true). Semua Cheats tersebut juga dapat ditemukan di situs-situs yang menjadikan The Sims 2 sebagai
topik utamanya.

The Sims 2 merupakan dasar dari game ini. Setelah dinyatakan sukses, Maxis meneruskan dengan mengeluarkan beberapa Expansion Packs. Antara lain: The Sims 2 University (kehidupan Young Adult Sim di kampus), The Sims 2 Nightlife (tempat dugemnya Sim) , The Sims 2 Open for Business (Sim yang bisa jualan di rumah ataupun Community Lot), The Sims 2 Pets (Sim yang bisa memelihara hewan), The Sims 2 Season (berbagai musim hadir, Sim dapat berkebun sesuai musim), The Sims 2 Bon Voyage (Sim udah bisa jalan-jalan buat rekreasi bahkan punya villa sendiri) dan Expansion Pack yang baru-baru ini diluncurkan The Sims 2 Free Time (hanya menambahkan hobi-hobi sebagai pengisi waktu senggang). Walau demikian, para simmers masih harus menunggu diluncurkannya The Sims 3. Selama menunggu, Maxis sendiri tengah menyiapkan Expansion Pack berikutnya yaitu The Sims 2 Apartement Life yang mungkin akan diluncurkan sekitar kuarter ketiga tahun 2008. 

Spesifikasi :
  • CPU: Pentium 4 or Athlon XP
  • CPU SPEED: 2 GHz
  • RAM: 512 MB
  • OS: Windows XP / Vista / 7
  • VIDEO CARD: 64 MB 3D accelerated video card (NVIDIA GeForce3/ATI Radeon 8500/Intel Extreme Graphics 2 or better)
  • DIRECTX VERSION: 8.1 (included)
  • SOUND CARD: Yes
  • FREE DISK SPACE: 3.5 GB
  • DVD-ROM: 8X DVD-ROM (This game contains technology intended to prevent copying that may conflict with some CD/DVD-ROM, CD/DVD-RW and virtual drives.)
Source :
https://www.systemrequirementslab.com/cyri/requirements/the-sims-2/10222
http://alan.iskandaralam.com/2008/05/the-sims-2/

Komentar

Postingan Populer