GAME THEORY : GRAND THEFT AUTO : SAN ANDREAS

Grand Theft Auto : San Andreas adalah permainan komputer dan video action-adventure sandbox-style yang dikembangkan oleh Rockstar North. Permainan ini adalah permainan 3D ke-3 dalam seri Grand Theft Auto, yang ke-5 pada rilis konsol dan permainan ke-8 secara keseluruhan. Pada awalnya dirilis untuk PlayStation 2 pada bulan Oktober 2004, permainan ini kemudian di’’port’’ ke Xbox dan Microsoft Windows, kini yang baru rilis Android dan menerima penerimaan dan penjualan yang tinggi pada tiga platform tersebut, dan mendapat rekor penjualan permainan tertinggi di PlayStation 2. Grand Theft Auto: San Andreas diteruskan oleh Grand Theft Auto: Liberty City Stories dan didahului oleh Grand Theft Auto: Vice City.

Awalnya di game ini, tokoh utama yang kita mainkan yaitu Carl Johnson (CJ), yang udah hampir lima tahun pergi ninggalin San Andreas, dia kemudian ditelepon sama abangnya/kakaknya, namanya Sean 'Sweet' Johnson. Sweet ngasih tau CJ kalau nyokap mereka dibunuh sama gank musuh bebuyutan mereka, The Ballas. Jadi CJ mau gak mau harus pulang ke Kota Los Santos.
Abis diburu dan dikejar gank The Ballas pas pulang dari pemakaman ibunya di Los Santos, CJ memutuskan kalau dia nggak akan pergi ninggalin gangnya lagi, Grove Street Families, yang mana sejak dia tinggal gang ini jadi gang paling terpuruk di Kota Los Santos, belum lagi gang ini jadi terpecah ada nama Seville Families pecahan dari gang Grove Street. Terus musuh bebuyutan mereka, The Ballas semakin kuat sejak gabung sama gank asal Meksiko, Vagos. Kota Los Santos ini juga jadi kota yang paling parah dalam kasus kekacauan genk, peredaran narkotika, hingga korupsi diantara 3 kota metropolitan GTA SA. Oya kerusuhan kota Los Santos ini terinspirasi dari kerusuhan di kota Los Angeles pada tahun 1992 lalu gan. Di Kota Los Santos ini, CJ punya dua teman yang udah dianggap kayak keluarganya sendiri, yaitu Big Smoke dan Ryder. Mereka berempat bersama gangnya berusaha keras mengembalikan kejayaan gang Grove Street Families kayak dulu lagi. 


Di tengah usaha mereka membangkitkan gang Grove Street, eh si CJ malah dijebak oleh kedua temannya, OG Loc dan C.R.A.S.H (Edi Pulasksy dan Tenpenny). Edi dan Tenpenny adalah dua anggota kepolisian Los Santos yang bejat, mereka terlibat dalam sindikat narkoba di kota Los Santos dan kekejaman lainnya. Disaat Grove Street mulai bangkit banyak cobaan yang nimpa, abangnya CJ, si Sweet malah didakwa penjara seumur hidup. Saat kita ngejalanin salah satu misi, CJ kemudian dibuat pingsan, diikat, dan dibawa jauh dari kota Los Santos, yakni sekitar Mount Chiliad/Gunung Chiliad, wilayah Whetstone, si CJ dibawa 2 polisi kotor itu buat disuruh ngerjain rencana kotornya.  


Country Side
Semenjak 'dipaksa' ninggalin Los Santos dan disuruh ngerjain misi rencana kotor 2 polisi bejat tadi, si CJ ketemu teman baru disini selama misi ini, Catalina adalah sepupunya si Cesar, Cesar adalah pacar dari Kendl, adik perempuannya si CJ, si aneh Truth, dan Woozie orang Cina yang nantinya akan jadi partner bisnisnya CJ, abis kita selesain misi Catalina dan Balapan, CJ bakalan ikut si Truth ke Kota San Fierro.

Disinilah cerita mulai berakhir, CJ udah berhasil ngebuat genk nya, Grove Street Families bangkit kembali. Meskipun kalau soal menguasai wilayah itu masih tergantung sama kemauan kita sebagai pemain utama game ini, karena memang basis genk The Ballas dan Mexico Vagos masih tetap ada di kota Los Santos walau tidak sebanyak sebelumnya. Lanjut, si CJ dengan berat hati harus ngebunuh Big Smoke, orang kepercayaannya yang udah berkhianat. Lalu CJ juga akan ngebunuh Tenpenny, polisi bejat temennya Edi Pulasky.


Ada pertanyaan kan, kenapa si CJ harus ngebunuh Ryder dan Big Smoke yang notabene adalah sahabat dia dulu, bahkan udah dianggap keluarga sama si CJ. Ternyata eh ternyata Big Smoke dan Ryder adalah dalang

dibalik kematian nyokap CJ ketika mereka menyuruh geng The Ballas buat 'Drive By' (perang tembak menembak dari mobil) Awalnya mereka ingin membunuh kakak CJ, Sweet Johnson, tapi ternyata ibunya lah yang berada di rumah mereka. Selain itu Big Smoke dan Ryder juga udah berkhianat sama geng Grove Street dengan gabung The Ballas, Vagos dan Mafia Russia, mereka juga yang ngejebak CJ supaya ditangkap polisi, dan ternyata mereka jugalah yang jadi gembong narkotika terbesar di kota Los Santos.
Di Akhir cerita misi, Grove Street Families yang tadinya terpecah kini kembali bersama, merayakan kemenangan di markas besar dekat rumah pertama CJ di wilayah Ganton, Los Santos.
Setelah menyelesaikan semua misi Walktrough kita tetap bisa mainin gamenya, meski udah nggak ada misi utama yang harus dijalankan.

Spesifikasi :
  • CPU: Pentium 4 or Athlon XP
  • CPU SPEED: 2 Ghz
  • RAM: 384 MB (the more the better!)
  • OS: Windows 2000/XP only
  • VIDEO CARD: 128 MB DirectX 9.0c compliant video card (NVIDIA GeForce 6 series)
  • SOUND CARD: Yes
  • FREE DISK SPACE: 4.7 GB for full install
  • DVD-ROM: 16X DVD-ROM (speed not tested)


Source :
https://id.wikipedia.org/wiki/Grand_Theft_Auto:_San_Andreas
https://www.kaskus.co.id/thread/56374d9f32e2e6695d8b456e/terkuak-ini-jalan-cerita-lengkap-gta-san-andreas-yang-sebenarnya/

Komentar

Postingan Populer