APLIKASI DIGITAL CINEMA BERBASIS DEKSTOP : "MODO"

Modo adalah software yang bergerak dalam bidang animasi 3 dimensi. Pertama kali modo 101 keluar pada tahun 2001. Modo tersebut walnya dikembangkan pada platform Amiga dan dibundel dengan Amiga berbasis workstation Video Toaster yang populer di studio televisi di akhir 1980-an dan awal 1990-an . Mereka berbasis di Mountain View, California.
 
Setelah lebih dari tiga tahun pembangunan, akhirnya modo 201 pra-diumumkan pada tahun 2005. Banyak fitur baru termasuk kemampuan untuk melukis di 3D (Brush, BodyPaint 3D), multi-layer tekstur blending, seperti yang terlihat di Lightwave, dan, yang paling penting, solusi render yang menjanjikan shading fisik berbasis rendering, lensa yang sangat bagus. Dan akhirnya modo 201 benar-benar dirilis pada 24 Mei 2006.
 
Modo 201 adalah pemenang dari Apple Design Awards untuk Best Use of Mac OS X Graphics untuk tahun 2006. Pada bulan Oktober 2006, modo juga memenangkan "Best 3D / Animasi Software" dari majalah MacUser. Pada bulan Januari 2007, modo memenangkan Game Developer Frontline Award untuk "Seni Alat Terbaik".
 
Modo 202 dirilis pada tanggal 1 Agustus 2006. Pada bulan Maret 2007, Luxology dirilis modo 203 sebagai update gratis. Ini termasuk alat editing UV baru, rendering lebih cepat dan DXF penerjemah baru.
 
Modo 301 dirilis pada tanggal 10 September 2007 menambahkan animasi dan patung untuk toolset nya. Alat animasi mencakup kemampuan untuk menghidupkan kamera, lampu, morphs dan geometri serta mampu mengimpor .mdd file.
 
Modo 302, dirilis pada tanggal 3 April 2008 dengan beberapa update tool, modo 302 adalah upgrade gratis bagi pengguna yang ada.
 
Modo 401 dirilis pada tanggal 18 Juni 2009. Rilis ini memiliki banyak animasi dan perangkat render dan baru tersedia di 64-bit Windows. Pada tanggal 6 Oktober 2009, modo 401 SP2 dirilis dan diikuti oleh modo 401 SP3 pada 26 Januari 2010 dan SP5 pada 14 Juli tahun yang sama.
 
Modo 501 dirilis pada tanggal 15 Desember 2010. Versi ini adalah yang pertama untuk berjalan pada 64-bit Mac OS X. Ini berisi dukungan untuk Pixar Subbagian Permukaan, lebih cepat rendering dan editor koneksi visual untuk menciptakan rig animasi yang

dapat digunakan kembali
.
    
Modo 601 dirilis pada 29 Februari 2012. Ini adalah versi saat ini dan menawarkan alat tambahan karakter animasi, dinamika, sistem tujuan umum deformers, dukungan untuk pemodelan retopology dan berbagai perangkat tambahan render.

 
Modo memungkinkan seniman untuk memilih "pivot point" dari alat atau tindakan secara realtime hanya dengan mengklik suatu tempat. Dengan demikian, modo menghindari membuat object terpisah "menyesuaikan pivot point" mode. Selain itu, object  dapat memberitahu modo untuk mendapatkan orientasi sumbu alat itu dari yang dipilih atau diklik pada elemen, melewati kebutuhan untuk terpisah "menyesuaikan alat axis" mode.
 
  • MODO Merupakan software besutan The Foundry yang telah dipakai dalam industri perfilman dan games. Software ini juga sering dipakai untuk membuat desain model untuk produk. Merupakan software untuk modeling, sculpting, rendering dan special effects. MODO sering dipakai berdampingan dengan NUKE yang telah dipakai dalam perusahaan film besar, seperti WETA Digital, Industrial Light & Magic, dan Dreamworks Animation. MODO juga digunakan dalam film The Amazing Spider-Man, The Hunger Games, Skyfall, Avatar, dsb.

  • Modo adalah semua dalam satu paket program. Ia memiliki kemampuan untuk model memahat dan cat animasi dan render. Fitur digunakan dalam setiap tugas seperti n-gons atau lukisan D dan bobot tepi meningkatkan kemampuan ini. Modo berbeda dari program D lainnya karena mereka menggunakan sejumlah kecil dari alat dasar tetapi mereka menggabungkan mereka untuk menciptakan alat baru menggunakan Pipa Alat. Sang seniman dapat memilih pivot point dengan hanya mengklik suatu tempat. Alat dapat dimodifikasi dengan falloffs disesuaikan ini akan memodifikasi kekuatan bentuk geometriknya yang membuat gambar. Bagian terbaik tentang Modo adalah yang memiliki pratinjau renderer yang progresif.
  • Renderer  modo adalah sinar-pelacak berbasis fisik. Ini termasuk fitur seperti caustic, dispersi, render stereoskopik, efek fresnel, hamburan bawah permukaan, refraksi kabur (misalnya kaca buram), pencahayaan volumetrik (smokey efek bar), dan Pixar-dipatenkan Jauh Shadows.
  • Fitur Untuk Modelling :
    •  Mesh Instancing
    •  Mesh Paint Tool
    •  Solid Sketch
    •  Edge Slide
    •  Polygon Reduction Tool
    •  Reference Layers
    •  Sketch Layers
    •  Loop Slice
    •  Flex Tool
    •  Retopology Modeling
    •  N-Gon SDS
    •  1-Click Macro Recording
    •  LUA, and/or Perl; Scripting Enginers
    •  Bridge Tool
    •  High Speed OpenGL Navigation
    •  Extensive Fallof System Including Path and Lasso
  •  Fitur Untuk Sculpting
    • Multi-Res Sculpting
    • Mesh-based Sculpting
    • Image-based Sculpting
    • push tool
    • smooth tool
    • carve tool
    • flatten tool
    • inflate tool
    • smudge tool
    • move tool
    • tangent pinch tool
    • spin tool
    • emboss tool
    • image ink
  • Fitur Untuk Painting&Texturing :
    • Advanced procedural textures
    • control micropolygon tessellation 
    • real-time bump map painting
    • procedural painting
    • parametric ink leverages #D 
    • control painting tools with modeling falloffs
    • jitter nozzle
    • image based brushes and inks
    • shader tree
    • particle painting
  • Fitur Untuk Animasi : 
    • Animate Virtually 
    • Graph Editor with animation curve manipulation
    • layertable deformers
    • time system can be frames, seconds, SMPTE or film code
    • morph target animation
    • reads MDD files from other animation systems
    • track view
    • full-body inverse
    • channel linking
    • channel modifiers
    • dynamic parenting
    • skeleton creation and mesh binding
  • Fitur Untuk Rendering :
    • Global illumination
    • physical sun and sky
    • advanced procedural textures
    • micropolygon tesselation
    • skin and hair shadders
    • displacement rendering
    • interactive renderer preview
    • orthographic randering
    • IEEE floating point accurancy
    • transparency
    • subsurface scattering
    • anisotropic blurred reflections
    • instance rendering
    • rander baking to color and normal maps
    • true lens distortion
    • physically based shading model. 
Spesifikasi :
  • Mac OS X 10.10.x, 10.11.x and 10.12.x
  • Windows 7, Windows 8 and Windows 10 (64-bit only)
  • Linux 64-bit operating system (RHEL 6.8+ & CentOS 7+)
  • Processor:Intel processor(s), Core i3 or higher,
  • Storage:At least 10 GB disk space available for full content installation
  • RAM:At least 4 GB RAM

  • Display: At least 1280 x 800 pixel resolution
  • Graphics Card:At least 1GB of video memory / driver support for OpenGL 3.2
 
 
Thanks, semoga bermanfaat ! :)

 


 

Komentar

Postingan Populer