APLIKASI DIGITAL CINEMA BERBASIS DEKSTOP : "LIGHTWAVE 3D"

LightWave (atau, lebih sesuai, LightWave 3D) adalah sebuah program grafik komputer untuk pemodelan 3D, rendering, dan animasi.Sejarah terbentuknya LightWave dimulai pada tahun 1988 ketika dua sahabat,yaitu Aleen Hastings dan Stuart Ferguson mampu membuat software aplikasi komputer. Hastings membuat program rendering dan animasi yang dinamakan videoscape. Sedangkan Ferguson, membuat program 3D yang dinamakan Modeler. Perkembangan selannjutnya, kedua program tersebut dibeli NewText dan diberi nama Video Toaster. Kemudian oleh Hastings diubah menjadi LightWave 3D. Meskipun program ini berasal dari Commodore Amiga, dia telah diport untuk mendukung Mac OS X, Windows, dan mesin rendernya telah diport ke platform Linux.

Lightwave telah sejak lama dikenal karena kemampuan renderingnya yang bagus dan antarmuka pengguna yang tidak biasa (misalnya, icon tidak digunakan; dan fungsi diberikan judul deskriptif). Seperti banyak paket 3D lainnya Lightwave juga terdiri dari dua bagian, lingkungan pemodelan objek di mana model 3d atau "meshes" diciptakan dan lingkungan animasi di mana model diatur dan dianimasikan untuk render. Tidak seperti kebanyakan paket lainnya dua bagian ini adalah sebuah program yang terpisah. Ada juga aplkasi render yang terpisah yang dapat dijalankan di banyak mesin.

LightWave merupakan aplikasi multi-threaded dan dapat menggunakan sebanyak 8 prosesor dalam mesin yang sama pada waktu yang sama ketika merender gambar.

Programer dapat mengembangkan kemampuan LightWave dengan menggunakan SDK yang telah termasuk dan juga menggunakan bahasa "scripting" khusus disebut LScript. SDK ini berdasarkan bahasa C dan hampir semuanya dapat diciptakan, dari sebuah shader sendiri sampai ke pengekspor format pandangan yang berbeda. LightWave juga termasuk selusin plugin gratis dan banyak lagi lainnya yang dapat diperoleh dari beberapa pengembang yang berbeda di seluruh dunia.




Fitur yang ada di LightWave 3D
1. Fur dan Hair dengan Sasquatch lite
2. Soft Body simulation
3. Hard Body simulation
4. Non Linear Animation
5. Built in Radiosity dan caustics
6. Unlimited render node
7. Dynamics
8. Hypervoxels
9. Material Shaders
10. Lscript
12. Python
13. Bullet Physics
14. Lightwave SDK

Aplikasi yang menyajikan fitur-fitur yang bagus ini tentulah tidak gratis di download untuk umum, aplikasi ini dikenakan biaya sebesar US$1595, harga upgrade US$495, transferable license dan tanpa
maintenance fee. Anda boleh saja tertawa, toh software crack dengan mudahnya didapat. Tapi harus diingat suatu saat kita tidak akan bisa lagi mengelak dari pemakaian software license, dan terbayangkah anda jika harus membeli katakan 10 license seharga US$35000? Dengan Lightwave anda 'cuma' mengeluarkan US$15950 untuk 10 license, tanpamaintenance fee, belum lagi jika sedang masa promo anda bisa mendapatkan banyak software pendamping gratis.

Workflow dalam Lightwave 3D
Dalam Lightwave, terutama modeling, pendekatannya sangat direct dan cepat. Jika anda senang mematung denganclay maka anda akan menemukan banyak kemiripan bekerja. Prinsip utamanya adalah, dalam Lightwave, obyek dibagi menjadi dua kondisi, yaitu point (vertex) dan polygon.

Teksturing/surfacing
Teksturing/Surfacing yang ada diprogram ini cukup sederhana, yaitu dengan memilih polygon yang diinginkan dan assign nama surface yang diinginkan juga.

Layout
Layout yang ada diprogram ini juga cukup sederhana & lengkap . Anda dapatkan bones (pertama kalinya dalam LW versi 3, dimana software sekelas lain belum menerapkan bones deformation saat itu), anda dapatkan soft dan hardbody, cloth simulation, particle system, world class renderer, radiosity built in support HDRI (pertama di kelasnya), Volumetric renderer, scripting system
untuk yang senang membuat plugin, bahkan sekarang Lightwave sedang dalam beta testing untuk versi komputasi 64 bit
(pertama lagi).

Spesifikasi :
Windows :
Minimal Intel® Core™ 2 or AMD Athlon™ II Processor
Untuk 64 Bit , minimal RAM 4GB, Sistem Operasinya minimal Windows Vista
Untuk 32 Bit , minimal RAM 2GB, Sistem Operasinya minimal Windows Vista

MAC OS :
Intel® Processor
Untuk 64 Bit : minimal RAM 4GB.
Sistem Operasi minimum : Snow Leopard® 10.6
Minimum Graphics Card: NVIDIA™ GeForce® 8400 series or ATI® X1600
Minimum Screen Resolution : 1024 x 768 Pixels
 

Komentar

Postingan Populer