PKN : ANCAMAN PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BANGSA

Globalisasi itu sangat penting bagi kemajuan kehidupan masyarakat bangsa Indonesia. Dalam percaturan politik internasional, Indonesia melaksanakan politik luar negeri bebas dan aktif. Bangsa dan negara Indonesia mempunyuai dasar dan pandangan hidup sendiri, yaitu Pancasila. Oleh karena itu kita ambil manfaatnya pengaruh globalisasi tersebut, misalnya kerjsama antar negara-negara di dunia, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, hubungan internasional yang bersahabat dan saling bekerjasama perlu kita ambil dan kita seleksi.

Selain itu, Globalisasi juga mempunyai ancaman bagi kehidupan bangsa, antara lain : 
  • Pergaulan
Pergaulan bebas yang biasa dilakukan oleh anak muda di Amerika serikat, akhir-akhir ini sering ditiru oleh pemuda Indonesia. Hal ini tidka boleh dibiarkan lebih lanjut karena akan merusak moral dan tatanan hidup bangsa Indonesia, terutama generasi mudanya.
  • Bentuk kebebasan 
Bentuk kebebasan yang dimaksud yaitu kebebasan yang menjurus pada kepuasan lahiriah, egoisme, dan hedonisme. Akibat negatif dari kebebasan tersebut yaitu adanya kebebasan penyalahgunaan narkoba, seks bebas, makan dan minum barang haram, dan sejenisnya. Kebebasan yang negatif telah menyebabkan seseorang melakukan segala macam cara untuk mendapatkan uang yang pengunaanya sering kali untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Hal ini sering terjadi pada masyarakat yang terlalu mudah terpengaruh oleh globalisasi.
  • Tantangan global
Pengaruh globalisasi yang memberi nilai-nilai positif wajib kita serap, terutama yang tidak menyebabkan benturan dengan budaya kita, misalnya disiplin, kerja keras, menghargai orang lain, rasa kemanusiaan, demokrasi, dan kejujursan. Kita wajib menyaring, yang baik dan sesuai dengan kepribadian dan moral bangsa kita terima, sebaiknya yang buruk kita tolak
 

Komentar

Postingan Populer